RSS

Monthly Archives: January 2012

negara hukum yang buta hukum

menyambung pembicaraan saya di twitter soal hukuman buat ‘mba mba xenia yang menghilangkan 9 nyawa’ itu.. saya pengen berbagi sedikit tentang pandangan saya tentang hukum di negara ini.

negara ini tuh katanya negara hukum. tapi ternyata hukumnya ga ditegakan dengan baik. entah penegak hukumnya yg bodoh atau masyarakat indonesia yang terlalu careless yg sebenarnya jadi akar permasalahan dari segala kesemerawutan ini.

beberapa tahun lalu mungkin anda masih ingat soal kasus ibu Prita yang dipenjara karena memberitakan soal malpraktik yang dialaminya. seolah kasus itu ga cukup, lalu ada lagi kasus ‘sendal jepit polisi’ yang menyeret seorang anak muda yg ternyata ga bersalah. masih kurang juga, ada lagi kasus anak remaja yang meninggal di penjara sehari setelah ditangkap polisi, yang ternyata anak itu cuma korban salah tangkap.

entah lah, mungkin saya yg bodoh dan buta hukum. tapi sepertinya hukum negara ini memang tak berpihak pada orang kecil, bahkan tak berpihak sama korban.

anda pasti tau cerita bertahun-tahun yang lalu tentang robot gedek yang memperkosa puluhan perempuan&laki-laki yang akhirnya hanya dihukum beberapa belas tahun.

anda juga pasti sangat sering mendengar tentang koruptor yang cuma dihukum kurang dari 8 tahun, dan bahkan masih kebagian remisi.

tapi yang hari ini benar-benar mencuri perhatian saya adalah kejadian kecelakaan tugu tani yang menyebabkan hilangnya 9 nyawa. berita yang tadi saya liat di tv mengatakan kalo hukumannya adalah maksimal 6 tahun penjara. WHAT?? ini saya yang bodoh atau penegak hukum yang seenaknya?? kok bisa ya orang yang jelas-jelas bersalah menghilangkan nyawa 9 orang karena mengemudi dalam keadaan mabuk akibat alkohol dan narkoba cuma dihukum maksimal 6 tahun.

saya mau marah. tapi siapa sih saya. saya bukan ahli hukum. saya bukan mahasiswa jurusan hukum. saya bahkan ga pernah belajar tentang hukum. tapi bahkan saya seorang yang awam akan hukum bisa berhitung cepat tentang hukuman yang laik bagi si mba pelaku penghilangan nyawa 9 orang itu.

ini perkiraan saya tentang hukuman yang laik bagi mba itu.

(kelalaian yang menyebabkan hilangnya nyawa seseorang X 9 orang tewas) + (merusak fasilitas umum) + (menyetir dalam keadaan mabuk) + (penyalahgunaan narkoba) = HUKUMAN!

kalau memang hukuman bagi kelalaian yg menyebabkan hilangnya nyawa seseorang adalah mahsimal 6 tahun, maka seharusnya mba itu mendapat hukuman maksimal 54 tahun, karena yang hilang nyawanya bukan cuma seseorang, melainkan 9 orang. lalu belum lagi hukuman pengerusakan fasilitas umum, yg setahu saya emang ga berat, cuma beberapa bulan. lalu ditambah menyetr dalam keadaan mabuk, yg memang kebanyakan cuma berakhir pada hukuman percobaan selama sekian bulan. tapi hukuman yang pastinya juga akan menambah jumlah tahun hukuman si mba itu adalah penyalah gunaan narkoba yang memang pagi ini sudah dinyatakan posistif oleh dokter dan polisi. penyalah gunaan narkoba itu kan hukumannya beberapa tahun ya, artis-artis aja ada yang kena antara 3 – 5 tahun. berarti harusnya hukuman buat mba itu bukan cuma maksimal 6 tahun kan???!!!

tapi yasudah lah. anggap saja saya yang terlalu berlebihan menaggapi masalah ini. mungkin memang saya yang kurang memahami bahasa hukum di negara ini.

atau sebenarnya memang negara ini adalah negara hukum yang buta hukum? entah lah. silahkan kalian menilai sesuai pemikiran kalian. yang saya yakini adalah hukum yang ada sekarang sudah benar, yang kurang adalah pemahaman atas penerapannya.

 
Leave a comment

Posted by on 23 - January - 2012 in kitty

 

Tags: , , , , ,

2012 masih aja jadi stalker, mba??

udah lama banget ya ga buka blog gue..

dan siang hari ini waktu saya liat statistik blog saya, saya agak shock. soalnya kok baru tanggal segini yg masuk ke blog saya udah segitu banyak orang. akhirnya karena penasaran saya bukan deh tuh statistik blog saya satu per satu.. eh ternyata yg dicari sama orang-orang adalah nama-nama tertentu yang bikin saya yakin kalo orang-orang itu adalah stalker saya selama ini.

kenapa?

karena nama yg dicari diantaranya adalah:

1. nama pacar saya (zikri chairi atau zikri atau muhammad zikri chairi)

2. nama saya (kinanti wiranti putri atau kinanti kitty)

3. nama pacar saya dan saya (zikri kitty atau kitty zikri)

4. nama mantannya pacar saya (males nyebutinnya)

mba, mba.. ini udah tahun 2012 loh. masih aja sih jadi stalker saya.

segitu tersainginya sama saya sih mba, sampe repot-repot nyari tau tentang hidup saya dan pacar saya. kan saya udah bilang, anda ga akan dapet apa-apa. nanti deh ya kalo saya nikah saya post disini supaya anda puas liat foto pernikahan kita.

saya heran segitu ga bisanya anda “get over my boyfriend” padahal saya sudah memiliki dia selama 3tahun lebih loh mba, dan saya rasa anda juga tau. kasian ya anda. mungkin anda ga laku. yah mudah-mudahan di tahun 2012 ini anda cepet-cepet laku ya, trus dapet hidayah untuk ga mengganggu hidup saya dan pacar saya lagi, juga sadar kalau dia cuma masa lalu anda dan sudah jadi milik saya.

lama-lama saya kasian juga sama anda, mba. emang mantan anda cuma pacar saya ya? segitunya amat mba sama pacar saya. pacar saya aja males loh mba sama situ. hahaha..

udah ah. kasian saya sama anda. mudah-mudahan 2012 dapet hidayah supaya ga jadi stalker lg ya mba.

 
Leave a comment

Posted by on 23 - January - 2012 in kitty, L.O.V.E.

 

Tags: , , , , , , , ,